Jumat, 15 September 2017

Tips Budidaya Udang {Vaneme|Vanamei Secara Semi Intensif Menggunakan Pupuk Yatop

Selamat datang di blog pupuk Organik Yatop  Panen melimpah petani senang virus hilang export udang tercapai

image_20170915_072556_3.jpg

1.Bagaimana memelihara udang vaname tidak terserang penyakit Wsf/Mio/Bercak putih dll. ?

Sehat itu penting, pertama yang harus di sterilkan yaitu media air terlebih dulu. Tebarkan Yatop 3 Liter/hektar ke area tambak dengan cara dicampur air, lakukan penaburan serata mungkin. Hal ini bertujuan biar air tidak tercampur bakteri, seimbang, hewan kecil seperti plangkton dan phyto plankton berkembang dengan cepat selain itu juga kondisi tanah didalam tambak cepat berlumpur seperti tepung, sehingga udang betah dan senang berada di dasar lumpur, dengan begitu maka udang akan berkembang dengan cepat. Lakukan ditiap 1 pekan sekali di tabur yatop sebanyak 1 liter/hektar bertujuan untuk menjaga ekosistem di area tambak, merawat kesehatan udang lebih aktif, lincah dan jatah makannya akan meningkat 3 kali lipat. Penaburan pupuk yatop sebanyak 1 liter/hektar setiap 1 pekan sekali adalah hal yang wajib, karena untuk mencegah situasi kondisi alam ekstrem yang bisa berubah setiap saat. Kebutuhan yatop dalam 1 hektar berkisar 15 liter sampai bisa panen. ( 3 bulan ).

2. Bagaimana udang yang susah moulting ( berganti kulit ) sehingga pertumbuhannya tidak cepat ?


Udang tumbuh besar ditandai dengan kelihatan moulting. Udang sehat moultingnya cepat namun kalau udang sulit moulting pasti ada sesuatu yang salah di dalam tambak. Penyebabnya ini harus ditemukan. Tetapi untuk mencari faktor penyebabnya itu yang susah bahkan pembudidaya enggan untuk meneliti. Kebanyakan Petani di Indonesia ingin instan. Penyebab udang tidak moulting dikarenakan kulit udang yang mengeras. Solusinya adalah Taburkan yatop sebanyak 5 liter/hektar semakin banyak yatop di tabur ke tambak maka udang moulting akan lebih cepat. Sifat pupuk yatop itu perih jika terkena luka, perihnya itu dalam waktu sekian detik atau menit, jika kena kulit udang maka hasilnya udang akan cepat berganti kulit. Seringkali udang akan berganti kulit dalam waktu 4 hari.

3. Bagaimana udang stress/teller masih bisa ditolong ?Udang bisa stress

karena banyak penyebab, diantaranya adalah kondisi di dasar tambak tidak seimbang, kurangnya protein di dasar, tengah dan di atas air. Yatop adalah pupuk yang didalamnya terkandung banyak protein tinggi. Cirinya yakni jika tutup botol sedikit di buka lalu ditutup kembali maka proteinnya otomatis muncul ke permukaan berwarna keputih-putihan. Jika udang stress/teller dan sering naik ke permukaan maka solusi tepatnya dengan cara menaburkan Yatop 3 liter/hektar kemudian tunggu sebentar 1 sampai 3 jam, apakah udang turun kembali ke dasar atau tidak. Jika masih belum turun juga maka taburkan kembali pupuk yatop sebanyak 1 – 2 liter lg. Semakin banyak yatop di tabur maka semakin cepat udang akan turun ke dasar dan normal kembali. Jika udang sudah stress dan pulih kembali dengan yatop maka lakukan penaburan pupuk yaotp 1 liter/hektar secara rutin setiap 1 pekan sekali. Jangan sampai lewat satu pekan dikarenakan akan menyebabkan udang stress lagi.

4. Bagaimana tambak yang sudah tidak produktif / jarang menghasilkan masih bisa diperbaiki ?

Tambak yang sudah rusak/tidak produktif masih bisa diperbaiki, caranya adalah harus dikembalikan ke alam. Gunakan kotoran hewan sapi, karena di dalam lument sapi ada banyak mikroba yang bermanfaat untuk tanah dan dapat bertahan hingga 3 bulan lamanya. Rumus pembuatan Kotoran sapi Sbb. : 1 LITER PUPUK YATOP + 5 KG KOTORAN SAPI BARU + 50 LITER AIR. Fermentasi dalam kurun waktu 1 minggu, tiap hari di aduk selama 5 menit. Setelah 1 minggu tebarkan ke area tambak dalam kondisi macak-macak. Diamkan sampai 5 hari setelah timbul lumut sutera lalu isi tambak sampai penuh. Kebutuhan kotoran hewan sapi sebanyak 50 kg/hektar. Kotoran hewan sapi harus yang baru, maksimal 3 hari setelah keluar dari dubur sapi

  Kelebihan Pupuk Yatop Untuk Udang Vaneme

Berdasarkan pengalaman di Lapangan pupuk Yatop mempunyai karakteristik yang unik dan jarang ditemui di berbagai kota di Tanah Air. Kelebihannya adalah sebagai berikut :

1. Bisa Menetralisir Air Payau

Air payau untuk udang bisa dinetralisir oleh yatop dalam kurun waktu berkisar 3 jam. Caranya : Sediakan air payau ke dalam gelas (240 cc) kemudian masukan pupuk yatop. Air payau yang tadinya asin akan berubah menjadi netral selama kurun waktu 3 jam, dan garamnya turun ke dasar gelas. Lama-lama air tersebut berasa seperti manis jambu air.

2. Dapat Menetralisir Residu Kimia Dalam Air

Air yang tercemar oleh limbah dari pabrik dapat dinetralisir oleh pupuk Yatop dalam kurun waktu 3 hari. Air tambak yang tadinya tercemar dalam 3 hari akan berubah warnanya. Oleh karena itu kami memberikan saran sebelum udang dimasukan ke dalam tambak alangkah baiknya ditabur yatop terlebih dahulu apabila sudah 3 hari barulah masukan benih udang.

3. Ph Air Dan Ph Tanah Menjadi Seimbang

Setelah air & tanah di tabur pupuk yatop maka dalam waktu 3 hari kondisinya akan seimbang. Hal tersebut sudah dibuktikan dengan test kertas lakmus dimana PH tanah {berubah menjadi|menjadi| 6. Jika PH telah seimbang maka udang pun akan berkembang dengan cepat.

4. Tanah Lumpur Akan Menjadi Halus Seperti Tepung

Tanah lumpur yang sudah diberi pupuk yatop maka lumpurnya akan berubah menjadi halus seperti tepung dalam kurun waktu 4 hari. Semua mikroba tanah akan bereaksi karena yatop merupakan sumber makanan bagi bakteri.

5. Lumut Sutera Menjadi Subur

Tambak yang di tabur dengan Yatop akan tumbuh lumut sutera, paling cepat 4 hari hingga 1 minggu. Lumut sutera baik untuk sumber makanan udang.

6. Mengobati Luka Pada Udang

Udang yang terkena penyakit, Virus atau lainnya bisa diobati dalam kurun waktu 30 menit. Jika lumpurnya sudah mengandung yatop maka udang yang luka masuk ke dalam lumpur dan lukanya cepat terobati.

7. Plankton Berkembang Dengan Cepat

Tambak yang telah di tabur pupuk yatop dalam waktu 3 hari akan terlihat plankton-plankton yang berkemban biak didasar, tengah dan permukaan air.

8. Udang Stress Normal Kembali

Apabila melihat udang yang sedang stress atau minggir ke atas air maka udang tersebut hidupnya tidak akan lama, besok atau lusa udang akan mati. Jika melihat peristiwa seperti itu maka solusinya Tebarkan Pupuk yatop 3 liter perhektar, dalam kurun waktu 3 jam udang akan sehat kembali dan kembali ke dasar tambak. Udang setelah ditabur yatop akan lebih gesit/lincah.

9. Daging Udang Bebas Residu


Udang yang sudah menggunakan yatop ketika dipanen dagingnya sudah bebas dari bahan kimia. Warna udang cerah, daging kenyal, rasa gurih. Pupuk Organik Organik Yatop di resmikan Oleh Bupati malinau Dr.yansen TP.M.SI 15 Oktober 2014

bupati-malianu.jpgUntuk Konsultasi dan pemesanan langsung dengan Umar yatop di no 085286231111

khusus yang menggunakan Hp bisa langsung mengunjungi link di bawah ini

 klik di sini untuk pemesanan Pupuk Yatop melalui wa

klik di sini untuk menghubungi kami

Klik di sini untuk melakukan pemesanan

bakso mas asep

Popular Post

bakso mas asep
 
Back To Top